Bawang Bombay

On August 15, 2013
Bawang Bombay Ampuh Cegah Kolesterol dan Diabetes

Pizza Mini Qu menggunakan bawang bombay dalam racikan khusus saos concase dan juga menggunakannya sebagai salah satu taburan topping @Pizza Mini Qu. Nah ternyata si bwang bombay ini tak hanya menambah aroma kelezatan Pizza Mini Qu, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lho!! Baca artikel berikut:

Bawang bombay atau allium cepa sering digunakan dalam masakan. Teksturnya renyah manis dan menambah wangi serta kelezatan masakan. Seperti banyak bahan makanan lainnya, bawang bombay juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sejak dulu, bawang bombay memang sudah dikenal dengan nutrisinya. Bawang bombay sudah dimanfaatkan para pendatang di Amerika untuk menyembuhkan demam, batuk, dan asma. Dalam pengobatan China, bawang bombay digunakan untuk mengatasi angina, batuk, infeksi bakteri, dan masalah pernapasan.

Di India, peneliti mempelajari dua kelompok yang mengonsumsi dan tidak mengonsumsi bawang bombay. Hasilnya, kelompok yang tidak pernah mengonsumsi bawang bombay memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dibanding mereka yang rajin mengonsumsi bawang bombay.

Bawang bombay kaya akan flavonoids yang diketahui bisa melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Antioksidan flavanoid quercetin yang terdapat di dalam bawang bombay juga berperan sebagai anti karsinogenik, anti inflamasi dan anti diabetes. Si bulat transparan ini juga mampu mengontrol tekanan darah.

Tiap 100 gram bawang bombay yang sudah dicacah halus mengandung 64 kalori. Mengonsumsi 100 gram bawang bombay membantu memnuhi11% kebutuhan serat dan juga 20% vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Di dalam Bawang Bombay terdapat kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asiri, quercitin, dan curcumin Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Bawang Bombay memiliki manfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) hingga 30%, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan insulin di hati, merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan menekan serangan osteoporosis.
sumber:
http://food.detik.com/read/2012/09/04/173548/2007941/900/bawang-bombay-ampuh-cegah-kolesterol-dan-diabetes
http://khasiatbuah.com/bawang-bombay.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>