Bahaya kekurangan Asam Folat

On June 7, 2013

Asam folat adalah salah satu vitamin, termasuk dalam kelompok vitamin B,biasa disebut vitamin B9 . Asam folat merupakan senyawa induk dari sekumpulan senyawa yang secara umum disebut folat.

MANFAAT DAN FUNGSI asam folat -vitamin B9 antara lain :
1. Pembentukan Sel Darah Merah, selain itu dapat mencegah anemia sehingga dapat juga membantu mengatasi gejala menstruasi berat pada wanita
2. Pembentukan dan Perbaikan DNA, pertumbuhan dan pembentukan Jaringan Tubuh yang telah rusak. (mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker), pertumbuhan Rambut, mencegah terjadinya kerontokan rambut akut.
3. Manfaat Untuk Ibu Hamil : terhindar anemia dan Pencegahan Bayi Lahir Cacat
4. Mengoptimalkan Fungsi Otak: mencegah kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak. (Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam folat setidaknya di usia 50 tahunan selama 3 tahun mampu mengimbangi mereka yang berusia 40 tahun dalam masalah ingatan pada sebuah tes di Belanda.)
5. Mengoptimalkan Kinerja Usus
BAHAYA DEFISIENSI (KEKURANGAN) Asam Folat
Defisiensi asam folat apabila kadar asam folat di bawah normal yaitu folat serum < 3 ng/ml dan folat entrosit< 130 mg/ml. Bahayanya adalah:

1. Pada Janin : Bayi Lahir Cacat
Jangan anggap sepele kecukupan asam folat, jika tubuh kekurangan asam folat bisa mengakibatkan terjadinya cacat bawaan pada bayi. Nah perlu di ingat bahwa kejadian bayi cacat sangat berkaitan dengan kecakupan asam folat selama kehamilan. Karena kecukupan asam folat pada minggu-minggu pertama hingga ke-empat kehamilan memainkan peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat pada masa itu dapat menyebabkan Spina Bifida dan Neural Tube Defects (NTDs). NTDS terbuka yaitu anencephaly, dan encephalocele. NTDS terbuka terjadi ketika kelainan pada otak dan atau spinal cord ditunjukkan dengan kelahiran dengan cacat pada tulang tengkorak dan atau ruas-ruas tulang belakang ( tulang punggung).

a). Anencephaly (Gambar A)
Apa itu anencephaly? Yaitu kelainan dimana otak tidak terbentuk, dan tidak memiliki tempurung kepala sebagian.. Anencephaly biasanya ditandai dengan tengkorak kepala bayi tidak berkembang maksimal. Sehingga setelah lahir, kepala bayi akan membesar terisi cairan otak dalam beberapa hari. Untuk itu penting mengkonsumsi asam folat di bulan-bulan pertama kehamilan seorang ibu.
b). encephalocele (Gambar 
encephalocele adalah adanya tonjolan di belakang kepala.
c). Spina Bifida (Gambar c)
Apa itu spina bifida? Yaitu sumbing tulang belakang. Saat ibu hamil kekurangan vitamin B9 maka pelindung bayi saat di dalam perut ibunya tidak akan membentuk tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang secara tepat. Karena vitamin B9 inilah diantarkan melalui plasenta ketika sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Setelah lahir, jika terjadi spina bifida, maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan kecacatan yang ada baik fisik maupun mentalnya.
Selain NTD Terbuka, Ada juga yang disebut jenis Neural Tube Defect tertutup, yang terjadi ketika cacat yang mengenai tulang belakang ditutup oleh kulit.Contoh umum dari NTDS tertutup adalah lipomyelomeningocele, lipomeningocele, dan tethered cord.

Di Amerika, setiap tahunnya sekitar 4.000 kehamilan mengalami NTD. Dari jumlah tersebut, sekitar 2.500 bayi lahir dengan menderita NTD. Sedangkan di Indonesia memang belum ada data yang pasti mengenai jumlah penderita NTD. Namun setiap bulan, dari 300 ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di RSCM, 3 pasien diantaranya terbukti janinnya menderita NTD.
Gangguan NTD membutuhkan biaya perawatan yang amat mahal. Setiap bayi yang baru lahir dan menderita NTD membutuhkan biaya hidup sekitar 532 ribu dolar Amerika. Biaya tersebut masih ditambah sekitar 8,7 juta dolar setiap tahunnya untuk biaya perawatan penyakitnya. Sedangkan kerugian emosional yang harus dihadapi misalnya ibu hamil mengalami keguguran, kematian bayi sebelum berusia setahun, kecacatan dan mengalami perasaan berbeda akibat kecacatannya.
Selain yang sudah disebutkan, Efek lain dari defisiensi asam Folat pada janin dan bayi diantaranya:
• Perkembangan pusat kecerdasan terganggu (gangguan belajar)
• Bibir sumbing
• Gangguan sistem motorik (mengalami lumpuh, tidak bisa berjalan tegak)
• Tidak ada kontrol untuk buang air besar maupun buang air kecil
• Gangguan jantung.

Kebutuhan Asam Folat harus disiapkan sejak sebelum kehamilan. United States Centers for Disease Control & Prevention (CDC) melaporkan, bahwa makanan kaya asam Folat terbukti dapat mencegah terjadinya NTD hingga 70 persen. Risiko NTD ini bisa dihindari bila ibu hamil cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung folat. Wanita yang mengkonsumsi tambahan folat 2-3 bulan sebelum dan di awal kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran bayi dengan cacat pada otak.

2. Pada Ibu Hamil:
• Anemia dengan segala konsekuensinya (terlihat pucat dan mudah letih, lesu dan lemas)
• Persalinan prematur
• Plasenta lepas sebelum waktunya
• Keguguran.
• Gangguan sesak napas
• Gangguan pencernaan

Anemia megaloblastik dilaporkan 3%-75% terjadi pada wanita yang tidak menerima asupan asam folat. Di Afrika Selatan 90% wanita melahirkan dan wanita menyusui menderita defisiensi asam folat.4Di Indonesia belum ada data yang pasti.

3. Terhadap Anak – anak, remaja dan Dewasa (Selain dari ibu Hamil):
- Anemia
Kekurangan vitamin B9 dapat membuat kurangnya produksi sel darah merah. Saat sel darah merah berkurang dalam aliran darah, maka pasokan oksigen pun bisa berkurang. Sehingga dengan cepat efeknya akan terasa pada tubuh. Seperti sakit kepala, kelelahan, kulit memucat, kosentrasi menurun, aktifitas harian menjadi lesu, hingga gejala sariawan bisa terjadi. Anemia bisa terjadi lebih buruk dan menimbulkan hipotensi atau tekanan darah rendah. Untuk itu konsultasikan segera ke dokter jika anemia Anda terjadi berlarut-larut.
- Diare
Karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit di usus lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan diare. Diare sendiri berarti membuang air besar lebih banyak dari biasanya dan biasanya mengandung lebih banyak air. Ini disebabkan asam folat yang mengoptimalkan kerja usus tidak dapat terjadi. Seperti penyerapan air dalam usus besar tidak terjadi. Sehingga penderita diare bisa mengalami dehidrasi akut. Jika ini menyerang pada bayi, bisa menyebabkan kematian karena kekurangan cairan dalam tubuhnya.
- Sariawan
Walaupun banyak yang mengira bahwa sariawan terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Ternyata kekurangan asam folat pun dapat memicu sariawan ini. Konsumsi rutin vitamin B kompleks dapat meredakan sariawan, karena sariawan akan hilang pada mulut setidaknya dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari.
- Lidah Bengkak
Lidah bengkak ini mirip dengan gejala pada sariawan saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B9. Lidah bengkak biasanya berwarna keputihan atau mengungu. Lidah yang bengkak mengalami gejala adanya fungsi lidah yang terganggu, tidak mampu merasakan rasa pada umumnya. Atau lidah menjadi kasar dan pecah-pecah sehingga bagian tenggorokan pun terasa sakit untuk menelan. Hal ini terjadi saat asam folat kurang dikonsumsi sehingga metabolisme tubuh untuk menjaga fungsi tubuh yang sering digunakan seperti lidah tidak dapat terjadi. Bisa juga lidah bengkak ini disertai dengan sariawan. Bisa menjangkiti pada siapa saja, baik usia muda atau dewasa.

Sumber dan Kebutuhan Asam Folat

Tubuh manusia tidak dapat mensintesis struktur folat,sehingga membutuhkan asupan dari makanan. Walaupun banyak bahan makanan yang mengandung folat, tetapi karena sifatnya termolabil dan larut dalam air, sering kali folat dari bahan-bahan makanan tersebut rusak karena proses memasak.

Tips untuk mendapatkan asam folat dengan baik:
1. Makan buah-buahan dan sayuran segar setiap hari. Jangan memasak sayuran terlalu lama. Panas akan menghancurkan asam folat.
2. Jangan merokok
3. Jangan minum minuman yang mengandung alcohol karena itu akan mengganggu penyerapan asam folat.
4. Minum suplemen tambahan yang dianjurkan oleh dokter anda atau dapat juga rutin mengkonsumsi madu dan suplemen herbal.
•5. Ingat bahwa asam folat tersedia dari makanan segar dan belum diproses, jadi tidak aneh banyak orang yang masih kekurangan asam folat walaupun makanan tersebut dikonsumsi setiap hari. Ini mungkin karena budaya masak kita yang sering memasak dengan panas tinggi dan waktu yang lumayan lama.

Sumbersumber yang paling kaya akan asam folat adalah ragi, hati, ginjal, sayur-sayuran berwarna hijau, kembang kol, brokoli; dalam jumlah yang cukup terdapat dalam makanan yang terbuat dari susu, daging dan ikan, dan sedikit dalam buah- buahan. Pemanasan dapat merusak 50-90% folat yang terdapat dalam makanan. Asupan sebanyak 3,1 mg/kgbb/hari dapat memenuhi angka kecukupan gizi yang dianjurkan di Indonesia.
Apabila kebutuhan asam folat tercukupi, tubuh menyimpan sekitar 5-10 mg folat, dan hampir setengahnya disimpan di hati. Cadangan ini cukup untuk 3-6 bulan tanpa asupan folat dari makanan. Beberapa pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk membantu diagnosis dan membedakan defisiensi folat dari defisiensi vitamin B12.

Asam folat relatif mudah didapat lantaran tersedia dalam sayuran hijau dan buah-buah. Seperti:
1. Brokoli
Sayur yang masih satu ini masih tergolong satu family dengan kubisan-kubisan yang berkhasiat mampu mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang baru saja menderita sakit berat. Selain itu, brokoli juga disinyalir dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker yang menjadi momok bagi banyak orang.
2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sudah sejak lama diketahui sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral. Vitamin B, karbohidrat komplek. Umumnya, kacang-kacangan mengandung 8-17% protein, 100 g zat besi dan 100 g kalsium.
3. Bayam
Dalam dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram.
4. Telur
Asam folat yang terdapat pada telur terletak di putih telur. Pada telur bebek kandungan asam folat sebesar 14,85 mcg/l00g tidak berbeda jauh dengan putih telur ayam yang mencapai 14,67 mcg/l00g.
5. Alpukat
Hingga kini, alpukat dipercaya dapat dikonsumsi sebagai penangkal gejala flu.Kandungan vitamin E-nya mampu menetralkan radikal bebas dan menekan risiko infeksi, sedangkan vitamin B-nya membantu produksi antibodi secara alami. Kandungan omega-6, asam lemak esensial dalam alpukat, juga bermanfaat untuk meredakan radang. Beberapa penelitian membuktikan buah ini mampu meningkatkan sistem imun.
6. Gandum dan Susu
Dua jenis panganan ini juga memiliki asam folat yang cukup tinggi. Sejak tahun 1996 Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan penambahan asam folat pada ROTI, sereal, TEPUNG, makanan yang terbuat dari jagung, pasta, beras dan produk biji-bijian lain.
7. Jeruk
Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, buah bundar satu ini juga merupakan sumber asam folat yang potensial. Bahkan dari satu buah jeruk 20% kebutuhan folat sehari-hari dapat terpenuhi. Tak cukup sampai disitu jeruk mampu meningkatkan kadar folat dan kadar racun dalam pembuluh darah pun menurun.
8. Stroberi
Delapan buah stroberi atau 1 gelas potongan stroberi hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Tak heran jika stroberi menjadi alternative camilan ataupun pelengkap makanan yang sehat
9. Hati sapi
Selain mengandung asam folat hati sapi juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sayangnya, mereka yang sedang mengandung tidak diajurkan mengkonsumsi hati sapi karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Namun tak perlu khawatir, mereka yang mengkonsumsi hati sapi dapat menggantinya dengan dengan minum susu.
10. Pisang
Dengan mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, maka kebutuhan asam folat dapat terpenuhi. dua buah pisang setara dengan 58 mikrogram folat yang dengan kata lain hanya memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh

Agar kandungan asam folat dalam makanan tidak rusak atau berkurang banyak maka:
• Jangan simpan bahan makanan terlalu lama dan jangan direbus dengan suhu tinggi
• Jangan mengiris bahan makanan terlalu kecil karena resiko kerusakan asam folat lebih tinggi

Batas Toleransi Konsumsi (dosis) Asam Folat
Ada batas toleransi yang harus dipahami dalam konsumsi vitamin B9 ini. Karena jika lebih dari ambang batas dapat menyebabkan overdosis. Lalu bagaimanakah dosis yang dianjurkan seharusnya? dosis yang dianjurkan atau RDA untuk masyarakat dan keluarga adalah sebagai berikut ini.
• Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari, ambang batas 300 mcg
• Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg setiap hari, ambang batas 400 mcg
• Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg setiap hari, ambang batas 600 mcg
• Remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg setiap hari, ambang batas 1000 mcg
• Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 600-800 mcg setiap hari
• Ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari
Diperhatikan bahwa anjuran setiap hari itu mungkin tidak terpenuhi secara lengkap, namun setidaknya Anda bisa menghitung dan mengukur sendiri kebutuhan vitamin B9 Anda. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

AKIBAT KELEBIHAN Asam Folat:

- Interaksi Dengan Vitamin B12
Dosis berlebihan yang menimbulkan akibat negatif adalah saat asam folat berinteraksi dengan vitamin B12. Saat tubuh mengalami kelebihan vitamin B9, ternyata tubuh akan sulit memenuhi kebutuhan akan vitamin B12nya karena kelebihan vitamin B9 menghalanginya. Walaupun begitu kelebihan vitamin B9 dapat mencegah terjadinya anemia megaloblastik. Namun tetap saja defisiensi vitamin B12 tidak dapat teratasi. Sehingga perlu mengurangi penggunaan vitamin B9 dulu lalu memenuhi kembali kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

-Gejala Kelebihan Vitamin B9 Asam Folat
Pertama seperti gejala kejang, insomnia, dan ruam adalah gejala primer dari kelebihan asam folat. Untuk overdosis vitamin B9 pada sumber makanan alami tidaklah mungkin, namun KELEBIHAN asam folat bisa terjadi dengan penggunaan suplemen. Selain itu ada juga gejala sekunder. Dimana kelebihan vitamin B9 terkait erat dengan gejala defisiensi vitamin B12. Seperti saat mengkonsumsi sampai diatas 1000 mcg asam folat, maka tubuh akan mengalami kekurangan vitamin B12. Jika hal ini dibiarkan, menurut penelitian, sistem saraf tubuh bisa rusak karena tidak tercukupinya vitamin B12. Saraf yang rusak menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Sehingga cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan asam folat ini.

-Mencegah Overdosis Asam Folat
Bagaimana cara tepat mencegah overdosis asam folat? Mudah saja. Anda cukup memvariasikan makanan Anda sehari-hari dengan konsumsi vitamin B9 dari sumber alami.
Jika pun Anda mengambil suplemen, disarankan untuk mengambil suplemen multivitamin daripada hanya mengambil suplemen yang mengandung asam folat saja. Karena dalam suplemen multivitamin, tidak hanya satu dua jenis vitamin saja yang ada. Namun banyak dan dibuat secara sintetis untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Untuk mengkonsumsi suplemen bervitamin, konsumsilah dalam interval tidak setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B9 itu 3 hari sekali atau 4 hari sekali. Karena dosis yang cukup besar, tubuh tentu tidak siap menerima semuanya. Belum lagi untuk beberapa vitamin adalah larut dalam air, sehingga dosis berlebihnya akan dikeluarkan melalui urin. Sedangkan yang tidak larut dalam air bisa disimpan dalam tubuh namun tidak juga berlebihan karena dapat mengakibatkan beban kerja organ dalam seperti hati dan ginjal menjadi berat.

Sehat itu penting, namun dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi. Obat kimia, suplemen sintesis memang jalan pintas dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjaga kesehatan Anda. Namun perlu diingat itu semua buatan manusia yang mana tetap memiliki efek samping jika digunakan berlebihan. Untuk itu konsultasikan ke dokter, dan cek selalu kandungan vitamin B12 Anda jika kekurangan, dan cek selalu kandungan vitamin B9 Anda jika berlebihan dalam tubuh dengan ke rumah sakit atau lab. kesehatan yang ada di kota Anda.

Sebenarnya dengan konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin b9, Anda akan mencukupi kebutuhan harian vitamin B9 Anda tanpa overdosis. Karena hal yang tidak mungkin Anda overdosis vitamin jika mengkonsumsi makanan alami. Cobalah mengkonsumsi susu, madu, jus jeruk, bayam, dan sereal dan beragam sumber makanan asam folat lainnya secara rutin.

Untuk mencegah kekurangan atau kelebihan asam folat, maka harus menerapkan pola hidup sehat, makanan sehat, dan Ruhiyah (batin) yang sehat pula  dan mari berimbang dalam mengkonsumsi sesuatu, jangan sampai berlebih – lebihan juga, ok.

DISUSUN OLEH: Divisi R&D Pizza Mini Qu 

Sehat dimulai dari makanan yang aman dan sehat. Mari bersama membangun KELUARGA yang SEHAT 

LIKE & SHARE agar lebih banyak teman terbuka dan PEDULI terhadap KESEHATAN diri, keluarga & masyarakat.

Daftar Pustaka:
1. Sari Pediatri, Vol. 4, No. 1, Juni 2002: 21 – 25
2. McKenzie SB. Megaloblastic and nonmegaloblastic macrocytic anemias. Dalam: Textbook of hematology, edisi ke-2. Baltimore, Williams & Wilkins, 1996. h . 179-99.
3. Hoffbrand AV, Pettit JE. Megaloblastic anaemias and other macrocytic anemias. Dalam: Essential haematology, edisi ke-3. London, Blackwell science, 1999. h. 53-73.
4. Mc. Laren DS, Burman D, Belton NR, William AD. Textbook of pediatric nutrition. Edisi ke-3. London: WB Saunders, 1991. h. 416-8.
5. Lanzkowsky P. Manual of pediatrics hematology and oncology. Edisi ke-2. New York: Churchill Livingstone Inc, 1995. h. 51-62.
6. Mayes PA. Vitamin yang larut dalam air. Dalam: Harper HA, Rodwell VW, Mayes PA. penyunting. Biokimia; edisi 17. Jakarta: EGC, 1974. h. 180-7.
7. Rosalind SG. Assessment of the status of folate and vitaminB-12. Dalam: Principles of nutritional assessment, New York, Oxford university press, 1990. h. 46-56.
8. http://wikivitamin.com/akibat-defisiensi-atau-kekurangan-asam-folat-vitamin-b9/
9. http://www.bidankita.com/joomla-overview/nutrition/249-kurang-asam-folat-sebabkan-bayi-cacat
10. http://dinkes.kulonprogokab.go.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=24.
11. http://wikivitamin.com/akibat-kelebihan-asam-folat-vitamin-b9/
12. http://wikivitamin.com/manfaat-dan-fungsi-asam-folat-vitamin-b9/
13. http://artikelgizi.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>